Best Practice dengan Metode STAR
(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi | SDN Johar Baru 29 Pagi |
Lingkup Pendidikan | Sekolah Dasar |
Tujuan yang ingin dicapai | Meningkatkan hasil belajar IPA materi rangkaian listrik melalui pembelajaran Project Based Learning siswa kelas VI SDN Johar Baru 29 Pagi |
Penulis | Tri Cahyaningsih |
Tanggal | 7 – 29 Oktober 2019 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. | Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah : Belum maksimal pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif Guru masih mendominasi proses pembelajaran
Praktik pembelajaran inovatif menggunakan model Project Based Learning ini penting untuk dibagikan sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Dengan menerapkan model Project Based Learning, siswa terlibat aktif dan terpacu untuk berpikir kritis guna memecahkan masalah dan melakukan diskusi. Siswa akan membangun sendiri pengetahuannya sehingga lebih mudah memahami materi pembelajaran, dan akan akan berdampak baik pada hasil belajar siswa.
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai guru yang mempunyai tanggung jawab untuk merancang, melakukan proses pembelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik meningkat. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, | Adapun tantangan untuk mencapai tujuan tersebut diantaranya, merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa agar siswa aktif dan mempunyai pengalaman belajar secara langsung dan memilih media pembelajaran yang membuat peserta didik tertarik untuk belajar.
Pihak yang terlibat dalam tantangan ini adalah Kepala sekolah
Melakukan koordinasi dan meminta izin dengan kepala sekolah sebelum melakukan praktik pembelajaran Guru dan rekan sejawat
Berkomunikasi dan meminta bantuan untuk melakukan perekaman. Peserta didik
|
| Melakukan praktik pembelajaran sesuai rancangan
Masalah /kendala saat pelaksanaan: Langkah kerja yang dibuat siswa, masih terdapat alat dan bahan yang tidak sesuai penggunannya dalam pembuatan produk Masih ada siswa yang tidak aktif dalam kelompok, karena tidak tahu apa yang harus dilakukan Masih ada siswa yang belum mampu berkoordinasi dengan teman kelompoknya
|
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini | Langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan yaitu : Penerapan model pembelajaran inovatif Strategi yang dilakukan guru dalam penerapan model pembelajaran inovatif adalah memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi yang akan disampaikan. Guru memilih model pembelajaran Project Based Learning dengan menambahkan pemanfaatan barang bekas pakai, agar pembelajaran lebih bermakna dan peserta didik menjadi lebih peduli terhadap lingkungan. Proses penerapan model pembelajaran disesuaikan dengan sintaks model Project Based Learning, dilakukan dengan melibatkan peserta didik. Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah pemahaman guru terhadap model pembelajaran dan materi pembelajaran.
Solusi pemecahan asalah /kendala saat pelaksanaan: Mengecek hasil rancangan siswa, membimbing kelompok melakukan revisi, dan menyiapkan alat dan bahan cadangan di sekolah Saat melakukan monitoring proses pembuatan produk, penulis juga membimbing siswa dengan memberikan masukan pekerjaan apa yang bisa dilakukan sembari menunggu teman lain dalam kelompok yang sedang mengerjakan bagian lain dari produk Membahas permasalahan yang terjadi setelah presentasi kelompok. Serta memberikan konfirmasi dan penguatan atas sikap siswa
|
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon | Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari : Siswa terlibat aktif dalam percobaan dan diskusi Menumbuhkan keampuan berpikir kritis siswa dan kemampuan memecahkan masalah. Hal ini terlihat
|
orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut | dari sikap siswa saat percobaan tidak berjalan sesuai instruksi, siswa dalam kelompok mencoba mencari pemecahan atas masalah tersebut Dengan kegiatan yang berpusat pada siswa, mendorong keinginan belajar dari dalam diri siswa. Hal ini terlihat dari ungkapan senang saat kelompok dapat merakit rangkaian dan dapat menyelesaikan LKPD. Siswa dapat bekerjasama dengan baik, dalam kelompok.
Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini yaitu sangat senang. Hal ini terlihat dalam ekspresi siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan oleh penguasaan guru terhadap media pembelajaran, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Sehingga hasil belajar IPA siswa meningkat.
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah seyogyanya guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model dan media pembelajaran untuk melaksanakan proses pembelajaran sesuai yang diharapkan. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Johar Baru 29 Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 3 : Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 2 : Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari Hari / Tgl Pelaksanaan:
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR (KD) IPA
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.4 Mengidentifikasi komponen- komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana | 3.4.1 Membuat rancangan produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang bekas |
2 | 4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel | 4.4.1 Membuat produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang bekas |
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi, siswa dapat membuat rancangan produk rangkaian listrik sederhana (seri atau paralel) yang memanfaatkan barang bekas, dengan baik.
MATERI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Diskusi
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Kebudayaan, 2018).
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | masing-masing. Religius Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama- sama. Nasionalis Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran. Guru menyampaikan tahapan kegiatan dan tujuan pembelajaran. Communication Tanya jawab tentang materi sebelumnya yaitu perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel Membuat kesepakatan untuk tidak saling mengejek, menghina atau mentertawakan teman yang berbicara
| 10 menit |
Inti | | 35 Menit X 2 JP |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
| Siswa menyebutkan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut Masing-masing ketua kelompok mengambil kertas undian untuk menentukan produk yang akan dibuat Masing-masing kelompok mendiskusikan rancangan produk yang akan dibuat Creativity and Innovation Setiap kelompok menuliskan rancangan produk yang akan dibuat, sesuai kesepakatan kelompok (tahap 2 : desain perencanaan proyek) Guru berkeliling memastikan siswa mengerjakan tugas dengan tertib Guru memberikan reward berupa kertas bintang bagi siswa yang, bertanya, menjawab, dan mengemukakan pendapat Siswa dan guru berdiskusi waktu perencanaan proyek (tahap 3 : penyusunan jadwal) Guru mengingatkan siswa untuk membawa alat dan bahan pada pembelajaran ke-3
|
|
Penutup | Integritas Melakukan penilaian hasil belajar berupa rancangan Menyanyikan lagu daerah “Mariam Tomong” Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius | 15 menit |
Laporan rancangan produk, diperiksa menggunakan rubrik :
Kriteria | Sangat baik | Baik | Cukup | Perlu bimbingan |
4 | 3 | 2 | 1 |
Pemilihan jenis rangkaian | Pemilihan jenis rangkaian dan alasan sesuai | Pemilihan jenis rangkaian sesuai dan alasan hampir benar | Pemilihan jenis rangkaian sesuai dan alasan tidak sesuai | Pemilihan jenis rangkaian tidak sesuai |
Alat dan bahan | Alat dan bahan lengkap dan menggunakan bahan dasar barang bekas | Alat dan bahan kurang lengkap dan menggunakan bahan dasar barang bekas | Alat dan bahan kurang lengkap dan tidak menggunakan bahan dasar barang bekas | Alat dan bahan sangat sedikit |
Cara kerja | Cara kerja sistematis dan lengkap | Cara kerja sistematis dan kurang lengkap | Cara kerja tidak sistematis dan lengkap | Cara kerja tidak sistematis dan kurang lengkap |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Johar Baru 29 Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 3 : Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 2 : Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari Hari / Tgl Pelaksanaan:
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR (KD) IPA
No. | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.4 Mengidentifikasi komponen- komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana | 3.4.1 Membuat rancangan produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang bekas |
2 | 4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel | 4.4.1 Membuat produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang bekas |
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan alat dan bahan, siswa dapat membuat produk rangkaian listrik sederhana (seri atau paralel) yang memanfaatkan barang bekas, dengan baik.
MATERI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Kebudayaan, 2018).
Buku Siswa Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Alat dan bahan untuk siswa membuat produk
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | masing-masing. Religius pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Inti | Siswa mempersiapkan alat dan bahan Siswa membuat produk Siswa memperbaiki rancangan produk Guru berkeliling memastikan siswa mengerjakan tugas dengan tertib (tahap 4 : memonitor kemajuan proyek) Guru dapat memberikan contoh pada siswa yang mengalami kesulitan saat menyambungkan komponen-komponen pada rangkaian lampu lalu lintas. Guru memberikan reward berupa kertas bintang bagi siswa yang, bertanya, menjawab, dan mengemukakan pendapat
| 35 Menit X 3 JP |
Penutup | Integritas Melakukan penilaian hasil belajar berupa produk Menyanyikan lagu daerah “Suwe Ora Jamu” Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius | 15 menit |
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR Penilaian Sikap
No |
Nama Siswa | Kerjasama | Kreatif | Berani |
SB | B | C | K | SB | B | C | K | SB | B | C | K |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2 PENILAIAN
Laporan rancangan produk, diperiksa menggunakan rubrik :
Kriteria | Sangat baik | Baik | Cukup | Perlu bimbingan |
4 | 3 | 2 | 1 |
Kualitas produk | Produk dapat berfungsi dengan sangat baik | Produk dapat berfungsi dengan baik | Produk dapat berfungsi cukup baik | Produk tidak dapat berfungsi |
Tamplian produk | Produk dengan kreatifitas tinggi | Produk dengan kreatifitas yang baik | Produk cukup baik | Produk kurang baik |
Penggunaan barang bekas | Seluruh bahan dasar terbuat dari brang bekas kecuali rangkaian listrik | Sebagian besar bahan dasar terbuat dari brang bekas kecuali rangkaian listrik | Sedikit barang bekas yang digunakan sebagai bahan dasar | Bahan dasar tidak menggunakan barang bekas |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Johar Baru 29 Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 3 : Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 2 : Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari Hari / Tgl Pelaksanaan:
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR (KD) IPA
No. | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.4 Mengidentifikasi komponen- komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana | 3.4.1 Membuat rancangan produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang bekas |
2 | 4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel | Membuat produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang bekas Mempresentasikan produk
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
2. Dengan produk yang dibuat, siswa dapat mempresentasikan proses dan hasil produk dengan baik.
MATERI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Kebudayaan, 2018).
Buku Siswa Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Alat dan bahan untuk siswa membuat produk
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | masing-masing. Religius Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama- sama. Nasionalis Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Inti | Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil proyek Kelompok lain mendengarkan temannya yang sedang presentasi Siswa melakukan diskusi secara klasikal Guru memfasilitasi diskusi kelas Guru memberikan reward berupa kertas bintang bagi siswa yang, bertanya, menjawab, dan mengemukakan pendapat
| 35 Menit X 3 JP |
Penutup | Integritas Melakukan penilaian hasil belajar berupa produk Menyanyikan lagu daerah “Suwe Ora Jamu” Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius | 15 menit |
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
No |
Nama Siswa | Penguasaan materi | Sistematis dalam berbicara |
SB | B | C | K | SB | B | C | K |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PEMERINTAH DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA
SDN JOHAR BARU 29
Jl. Percetakan Negara II A Johar Baru – Jakarta Pusat Tlp. ( 021 ) 42886189
Muatan Pelajaran : IPA
EVALUASI
Nama :
No. Absen :
Kelas : VI (Enam) - B
Petujnuk Umum :
1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal sesuai dengan keyakinan masing – masing 2.Tulislah namamu dengan jelas dan rapi !
3. Kerjakan soal yang paling mudah lebih dahulu
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat !
Sumber arus listrik yang biasanya digunakan dalam percobaan rangkaian listrik sederhana adalah . . . .
akumulator
baterai
bohlam
sakelar
Alat yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan arus listrik adalah . . . .
dynamo
lampu
sekering
sakelar
Arus listrik hanya akan mengalir pada rangkaian ....
terbuka
tertutup
paralel
seri
Dalam proses perakitan rangkaian listrik, arus listrik disalurkan melalui ....
resistor
lampu
aki
kabel
Rangkaian yang dapat mengalirkan arus listrik yaitu . . . .
Rangkaian paralel ditunjukkan oleh . . .
Arus listrik yang mengalir tanpa melalui cabang disebut . . . .
seri
parallel
campuran
bebas
Rangkaian listrik dirumah biasanya menggunakan rangkaian listrik . . . .
seri
parallel
campuran
bebas
Perhatikan gambar berikut ini!
Jenis rangkaian listrik yang digunakan pada gambar di samping adalah . . . .
seri
paralel
semi seri
campuran
Perhatikan gambar berikut!
Jika saklar E dan G disambung, maka lampu yang menyala adalah . . . .
lampu A, B, dan C
lampu B, C, dan D
lampu A, B, dan D
lampu A, C, dan D
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!
Jelaskan cara kerja kipas angin!
Sebutkan jenis rangkaian yang digunakan pada senter, beserta alasannya!
Mengapa lampu senter dapat menyala terang tetapi baterainya cepat habis?
Jelaskan yang akan terjadi pada rangkaian seri jika salah satu komponennya mati!
Jelaskan 2 kelebihan rangkaian listrik parallel!
Daftar Nilai Penilaian Harian Rangkaian Listrik
NO |
NAMA | Nilai Evaluasi Sebelum Penerapan PjBL | Nilai Evaluasi Setelah Penerapan PjBL |
1 | Ajeng Khoirin Nida | 50 | 95 |
2 | Annisa Zahra Firdaus | 70 | 100 |
3 | Dandy H A | 70 | 100 |
4 | Deandra Fatih A | 60 | 90 |
5 | Dennise Satrya P | 80 | 95 |
6 | Dinda Rafena | 75 | 100 |
7 | Faddah Zunayna | 70 | 95 |
8 | Faisal Tito | 65 | 100 |
9 | Falisha Azfarania Puteri | 65 | 100 |
10 | Haikal | 55 | 75 |
11 | Hanum Maulidah | 70 | 95 |
12 | Heru Pramono | 65 | 100 |
13 | Husen Umar | 35 | 75 |
14 | Kartika Inayah | 65 | 95 |
15 | Kemal Ibrahim | 70 | 95 |
16 | Muhamad Arya Nata Y | 70 | 95 |
17 | Muhammad Raka | 50 | 80 |
18 | Muhammad Royyan B | 75 | 90 |
19 | Putri Amanda A | 75 | 95 |
20 | Revanya Sabrina W | 65 | 95 |
21 | Riandi Pratama | 50 | 75 |
22 | Rivo Audya S | 45 | 70 |
23 | Rizky Azka F | 75 | 100 |
24 | Siti Nurjannah | 80 | 100 |
25 | Tutur Muhasan | 65 | 100 |
26 | Viardi | 60 | 70 |
27 | Yessika Pratiwi | 75 | 100 |
Rata-rata | 64.81 | 91.85 |
Dokumentasi
Komentar
Posting Komentar