Best Practice dengan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran





Best Practice dengan Metode STAR

(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran


Lokasi

SDN Johar Baru 29 Pagi

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan hasil belajar IPA materi rangkaian listrik melalui pembelajaran Project Based Learning

siswa kelas VI SDN Johar Baru 29 Pagi

Penulis

Tri Cahyaningsih

Tanggal

7 29 Oktober 2019

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

  1. Belum maksimal pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif

  2. Guru masih mendominasi proses pembelajaran


Praktik pembelajaran inovatif menggunakan model Project Based Learning ini penting untuk dibagikan sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Dengan menerapkan model Project Based Learning, siswa terlibat aktif dan terpacu untuk berpikir kritis guna memecahkan masalah dan melakukan diskusi. Siswa akan membangun sendiri pengetahuannya sehingga lebih mudah memahami materi pembelajaran, dan akan akan berdampak baik pada hasil belajar siswa.


Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai guru yang mempunyai tanggung jawab untuk merancang, melakukan proses pembelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik meningkat.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Adapun tantangan untuk mencapai tujuan tersebut diantaranya, merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa agar siswa aktif dan mempunyai pengalaman belajar secara langsung dan memilih media pembelajaran yang membuat peserta didik tertarik untuk belajar.


Pihak yang terlibat dalam tantangan ini adalah

  1. Kepala sekolah

Melakukan koordinasi dan meminta izin dengan kepala sekolah sebelum melakukan praktik pembelajaran

  1. Guru dan rekan sejawat

Berkomunikasi dan meminta bantuan untuk melakukan perekaman.

  1. Peserta didik





Melakukan    praktik    pembelajaran    sesuai rancangan


Masalah /kendala saat pelaksanaan:

  1. Langkah kerja yang dibuat siswa, masih terdapat alat dan bahan yang tidak sesuai penggunannya dalam pembuatan produk

  2. Masih ada siswa yang tidak aktif dalam kelompok, karena tidak tahu apa yang harus dilakukan

  3. Masih ada siswa yang belum mampu berkoordinasi dengan teman kelompoknya

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan yaitu :

Penerapan model pembelajaran inovatif

  1. Strategi yang dilakukan guru dalam penerapan model pembelajaran inovatif adalah memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi yang akan disampaikan. Guru memilih model pembelajaran Project Based Learning dengan menambahkan pemanfaatan barang bekas pakai, agar pembelajaran lebih bermakna dan peserta didik menjadi lebih peduli terhadap lingkungan.

  2. Proses penerapan model pembelajaran disesuaikan dengan sintaks model Project Based Learning, dilakukan dengan melibatkan peserta didik.

  3. Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah pemahaman guru terhadap model pembelajaran dan materi pembelajaran.


Solusi pemecahan asalah /kendala saat pelaksanaan:

  1. Mengecek hasil rancangan siswa, membimbing kelompok melakukan revisi, dan menyiapkan alat dan bahan cadangan di sekolah

  2. Saat melakukan monitoring proses pembuatan produk, penulis juga membimbing siswa dengan memberikan masukan pekerjaan apa yang bisa dilakukan sembari menunggu teman lain dalam kelompok yang sedang mengerjakan bagian lain dari produk

  3. Membahas permasalahan yang terjadi setelah presentasi kelompok. Serta memberikan konfirmasi dan penguatan atas sikap siswa

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?

Mengapa? Bagaimana respon

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari :

  1. Siswa terlibat aktif dalam percobaan dan diskusi

  2. Menumbuhkan keampuan berpikir kritis siswa dan kemampuan memecahkan masalah. Hal ini terlihat




orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

dari sikap siswa saat percobaan tidak berjalan sesuai instruksi, siswa dalam kelompok mencoba mencari pemecahan atas masalah tersebut

  1. Dengan kegiatan yang berpusat pada siswa, mendorong keinginan belajar dari dalam diri siswa. Hal ini terlihat dari ungkapan senang saat kelompok dapat merakit rangkaian dan dapat menyelesaikan LKPD.

  2. Siswa dapat bekerjasama dengan baik, dalam kelompok.


Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini yaitu sangat senang. Hal ini terlihat dalam ekspresi siswa saat proses pembelajaran berlangsung.


Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan oleh penguasaan guru terhadap media pembelajaran, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Sehingga hasil belajar IPA siswa meningkat.


Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah seyogyanya guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model dan media pembelajaran untuk melaksanakan proses pembelajaran sesuai yang diharapkan.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Satuan Pendidikan    :    SDN Johar Baru 29 Kelas / Semester    :    VI (Enam) / 1

Tema 3    :    Tokoh dan Penemuan

Sub Tema 2    :    Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran    :    1

Alokasi Waktu    :    1 Hari Hari / Tgl Pelaksanaan:


  1. KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.


  1. KOMPETENSI DASAR (KD) IPA

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.4 Mengidentifikasi komponen- komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana

3.4.1 Membuat rancangan produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang

bekas

2

4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel

4.4.1 Membuat produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang bekas


  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

    1. Melalui diskusi, siswa dapat membuat rancangan produk rangkaian listrik sederhana (seri atau paralel) yang memanfaatkan barang bekas, dengan baik.


  1. MATERI PEMBELAJARAN

  • Rangkaian listrik seri dan paralel


  1. METODE PEMBELAJARAN

  • Pendekatan    : Saintifik

  • Metode    : Diskusi


  1. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

  • Buku Pedoman Guru Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan, 2018).

  • Buku Siswa Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).


  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN


Kegiatan


Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

  • Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan

masing-masing. Religius

  • Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama- sama. Nasionalis

  • Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan

dengan kegiatan pembelajaran.

  • Guru menyampaikan tahapan kegiatan dan tujuan pembelajaran. Communication

  • Tanya jawab tentang materi sebelumnya yaitu perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel

  • Membuat kesepakatan untuk tidak saling mengejek, menghina atau mentertawakan teman yang berbicara

10 menit

Inti

  • Siswa memperhatikan gambar

  • Siswa menentukan permasalahan (tahap 1 : pertanyaan mendasar)

35 Menit

X 2 JP




Kegiatan


Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu


  • Siswa menyebutkan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut

  • Masing-masing ketua kelompok mengambil kertas undian untuk menentukan produk yang akan dibuat

  • Masing-masing kelompok mendiskusikan rancangan produk yang akan dibuat Creativity and Innovation

  • Setiap kelompok menuliskan rancangan produk yang akan dibuat, sesuai kesepakatan kelompok (tahap 2 : desain perencanaan proyek)

  • Guru berkeliling memastikan siswa mengerjakan tugas dengan tertib

  • Guru memberikan reward berupa kertas bintang bagi siswa yang, bertanya, menjawab, dan mengemukakan pendapat

  • Siswa dan guru berdiskusi waktu perencanaan proyek (tahap 3 : penyusunan jadwal)

  • Guru mengingatkan siswa untuk membawa alat dan bahan pada pembelajaran ke-3


Penutup

  • Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman    hasil    belajar    selama    sehari

Integritas

  • Melakukan    penilaian    hasil    belajar    berupa rancangan

  • Menyanyikan lagu daerah “Mariam Tomong”

  • Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan    keyakinan    masing-masing    (untuk

mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

























































Laporan rancangan produk, diperiksa menggunakan rubrik :



Kriteria

Sangat baik

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

Pemilihan jenis rangkaian

Pemilihan jenis rangkaian dan alasan sesuai

Pemilihan jenis rangkaian sesuai dan alasan hampir benar

Pemilihan jenis rangkaian sesuai dan alasan tidak sesuai

Pemilihan jenis rangkaian tidak sesuai

Alat dan bahan

Alat dan bahan lengkap dan menggunakan bahan dasar barang bekas

Alat dan bahan kurang lengkap dan menggunakan bahan dasar barang bekas

Alat dan bahan kurang lengkap dan tidak menggunakan bahan dasar barang bekas

Alat dan bahan sangat sedikit

Cara kerja

Cara kerja sistematis dan lengkap

Cara kerja sistematis dan kurang lengkap

Cara kerja tidak sistematis dan lengkap

Cara kerja tidak sistematis dan kurang lengkap







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Satuan Pendidikan    :    SDN Johar Baru 29 Kelas / Semester    :    VI (Enam) / 1

Tema 3    :    Tokoh dan Penemuan

Sub Tema 2    :    Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran    :    3

Alokasi Waktu    :    1 Hari Hari / Tgl Pelaksanaan:


  1. KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.


  1. KOMPETENSI DASAR (KD) IPA

No.

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.4 Mengidentifikasi komponen- komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana

3.4.1 Membuat rancangan produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang bekas

2

4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel

4.4.1 Membuat produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang bekas



  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

    1. Dengan alat dan bahan, siswa dapat membuat produk rangkaian listrik sederhana (seri atau paralel) yang memanfaatkan barang bekas, dengan baik.


  1. MATERI PEMBELAJARAN

  • Percobaan membuat produk rangkaian listrik seri atau paralel


  1. METODE PEMBELAJARAN

  • Pendekatan    : Saintifik

  • Model    : Project Based Learning

  • Metode    : Percobaan


  1. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

  • Buku Pedoman Guru Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan, 2018).

  • Buku Siswa Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

  • Alat dan bahan untuk siswa membuat produk


  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN



Kegiatan


Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

  • Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan

masing-masing. Religius

  • Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama- sama. Nasionalis

  • Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan

pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

  • Guru menyampaikan tahapan kegiatan dan tujuan pembelajaran. Communication

  • Tanya jawab tentang materi sebelumnya yaitu rancangan produk

10 menit





Kegiatan


Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Inti

  • Siswa mempersiapkan alat dan bahan

  • Siswa membuat produk

  • Siswa memperbaiki rancangan produk

  • Guru berkeliling memastikan siswa mengerjakan tugas dengan tertib (tahap 4 : memonitor kemajuan proyek)

  • Guru dapat memberikan contoh pada siswa yang mengalami kesulitan saat menyambungkan komponen-komponen pada rangkaian lampu lalu lintas.

  • Guru memberikan reward berupa kertas bintang bagi siswa yang, bertanya, menjawab, dan mengemukakan pendapat

35 Menit

X 3 JP

Penutup

  • Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman    hasil    belajar    selama    sehari

Integritas

  • Melakukan penilaian hasil belajar berupa produk

  • Menyanyikan lagu daerah “Suwe Ora Jamu”

  • Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan    keyakinan    masing-masing    (untuk

mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit





  1. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR Penilaian Sikap


No


Nama Siswa

Kerjasama

Kreatif

Berani

SB

B

C

K

SB

B

C

K

SB

B

C

K

1














2














3







































































Lampiran 2 PENILAIAN

Laporan rancangan produk, diperiksa menggunakan rubrik :




Kriteria

Sangat baik

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

Kualitas produk

Produk dapat berfungsi dengan sangat baik

Produk dapat berfungsi dengan baik

Produk dapat berfungsi cukup baik

Produk tidak dapat berfungsi

Tamplian produk

Produk dengan kreatifitas tinggi

Produk dengan kreatifitas yang baik

Produk cukup baik

Produk kurang baik

Penggunaan barang bekas

Seluruh bahan dasar terbuat dari brang bekas kecuali rangkaian listrik

Sebagian besar bahan dasar terbuat dari brang bekas kecuali rangkaian listrik

Sedikit barang bekas yang digunakan sebagai bahan dasar

Bahan dasar tidak menggunakan barang bekas







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Satuan Pendidikan    :    SDN Johar Baru 29 Kelas / Semester    :    VI (Enam) / 1

Tema 3    :    Tokoh dan Penemuan

Sub Tema 2    :    Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran    :    4

Alokasi Waktu    :    1 Hari Hari / Tgl Pelaksanaan:


  1. KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.


  1. KOMPETENSI DASAR (KD) IPA

No.

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.4 Mengidentifikasi komponen- komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana

3.4.1 Membuat rancangan produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang bekas

2

4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel

  1.     Membuat produk rangkaian listrik sederhana yang memanfaatkan barang bekas

  2. Mempresentasikan produk



  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

2. Dengan produk yang dibuat, siswa dapat mempresentasikan proses dan hasil produk dengan baik.


  1. MATERI PEMBELAJARAN

    • Presentasi produk rangkaian listrik seri atau paralel


  1. METODE PEMBELAJARAN

  • Pendekatan    : Saintifik

  • Model    : Project Based Learning

  • Metode    : Presentasi


  1. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

  • Buku Pedoman Guru Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas VI (Buku Tematik Terpadu    Kurikulum    2013,    Jakarta:    Kementerian    Pendidikan    dan

Kebudayaan, 2018).

  • Buku Siswa Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

  • Alat dan bahan untuk siswa membuat produk


  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN



Kegiatan


Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

  • Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan

masing-masing. Religius

  • Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama- sama. Nasionalis

  • Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan

dengan kegiatan pembelajaran.

  • Guru menyampaikan tahapan kegiatan dan tujuan pembelajaran. Communication

  • Tanya jawab tentang materi sebelumnya yaitu rancangan produk

10 menit





Kegiatan


Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Inti

  • Setiap    kelompok    secara    bergantian mempresentasikan hasil proyek

  • Kelompok lain mendengarkan temannya yang sedang presentasi

  • Siswa melakukan diskusi secara klasikal

  • Guru memfasilitasi diskusi kelas

  • Guru memberikan reward berupa kertas bintang bagi siswa yang, bertanya, menjawab, dan mengemukakan pendapat

35 Menit

X 3 JP

Penutup

  • Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman    hasil    belajar    selama    sehari

Integritas

  • Melakukan penilaian hasil belajar berupa produk

  • Menyanyikan lagu daerah “Suwe Ora Jamu”

  • Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan    keyakinan    masing-masing    (untuk

mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit


  1. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR





No



Nama Siswa

Penguasaan materi

Sistematis dalam berbicara

SB

B

C

K

SB

B

C

K

1










2










3













PEMERINTAH DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA

SDN JOHAR BARU 29

Jl. Percetakan Negara II A Johar Baru – Jakarta Pusat Tlp. ( 021 ) 42886189




Muatan Pelajaran    : IPA

EVALUASI

Nama    :     

No. Absen        

Kelas    : VI (Enam) - B

Petujnuk Umum :

1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal sesuai dengan keyakinan masing masing 2.Tulislah namamu dengan jelas dan rapi !

3. Kerjakan soal yang paling mudah lebih dahulu



  1. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat !

  1. Sumber arus listrik yang biasanya digunakan dalam percobaan rangkaian listrik sederhana adalah . . . .

    1. akumulator

    2. baterai

    3. bohlam

    4. sakelar


  1. Alat yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan arus listrik adalah . . . .

    1. dynamo

    2. lampu

    3. sekering

    4. sakelar


  1. Arus listrik hanya akan mengalir pada rangkaian ....

    1. terbuka

    2. tertutup

    3. paralel

    4. seri


  1. Dalam proses perakitan rangkaian listrik, arus listrik disalurkan melalui ....

    1. resistor

    2. lampu

    3. aki

    4. kabel


  1. Rangkaian yang dapat mengalirkan arus listrik yaitu . . . .


  1. Rangkaian paralel ditunjukkan oleh . . .



Arus listrik yang mengalir tanpa melalui cabang disebut . . . .

  1. seri

  2. parallel

  3. campuran

  4. bebas


  1. Rangkaian listrik dirumah biasanya menggunakan rangkaian listrik . . . .

    1. seri

    2. parallel

    3. campuran

    4. bebas


  1. Perhatikan gambar berikut ini!

Jenis rangkaian listrik yang digunakan pada gambar di samping adalah . . . .

  1. seri

  2. paralel

  3. semi seri

  4. campuran

  1. Perhatikan gambar berikut!

Jika saklar E dan G disambung, maka lampu yang menyala adalah . . . .

  1. lampu A, B, dan C

  2. lampu B, C, dan D

  3. lampu A, B, dan D

  4. lampu A, C, dan D



  1. Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!

  1. Jelaskan cara kerja kipas angin!

  2. Sebutkan jenis rangkaian yang digunakan pada senter, beserta alasannya!

  3. Mengapa lampu senter dapat menyala terang tetapi baterainya cepat habis?

  4. Jelaskan yang akan terjadi pada rangkaian seri jika salah satu komponennya mati!

  5. Jelaskan 2 kelebihan rangkaian listrik parallel!

Daftar Nilai Penilaian Harian Rangkaian Listrik






NO


NAMA

Nilai Evaluasi Sebelum Penerapan PjBL

Nilai Evaluasi Setelah Penerapan PjBL

1

Ajeng Khoirin Nida

50

95

2

Annisa Zahra Firdaus

70

100

3

Dandy H A

70

100

4

Deandra Fatih A

60

90

5

Dennise Satrya P

80

95

6

Dinda Rafena

75

100

7

Faddah Zunayna

70

95

8

Faisal Tito

65

100

9

Falisha Azfarania Puteri

65

100

10

Haikal

55

75

11

Hanum Maulidah

70

95

12

Heru Pramono

65

100

13

Husen Umar

35

75

14

Kartika Inayah

65

95

15

Kemal Ibrahim

70

95

16

Muhamad Arya Nata Y

70

95

17

Muhammad Raka

50

80

18

Muhammad Royyan B

75

90

19

Putri Amanda A

75

95

20

Revanya Sabrina W

65

95

21

Riandi Pratama

50

75

22

Rivo Audya S

45

70

23

Rizky Azka F

75

100

24

Siti Nurjannah

80

100

25

Tutur Muhasan

65

100

26

Viardi

60

70

27

Yessika Pratiwi

75

100

Rata-rata

64.81

91.85


Dokumentasi 




Komentar